Wednesday, 31 October 2012

Cara Menurunkan kadar Gula darah dan Kolestrol! Gunakan kulit mahoni



Cara Menurunkan kadar Gula darah dan Kolestrol : Gunakan kulit mahoni!

Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar gula dan kolesterol, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi ekstrak kulit mahoni. Berdasarkan penelitian, ekstrasi kulit kayu mahoni dengan air panas potensial menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan Dr Syamsul Falah dari Departemen Biokimia IPB, pemanfaatan kayu mahoni itu berdasarkan penelitian yang telah dilakukannya. Penelitian itu sebenarnya terinspirasi riset di Amerika yang menggunakan kulit pinus sebagai suplemen makanan. Selain itu Dr Syamsul juga mengetahui banyak potensi yang terkandung dalam pohon mahoni.

"Hasil riset terhadap kulit kayu mahoni ditemukan bahwa dalam kulit mahoni ditemukan kandungan antioksidan yang tinggi. Ketinggiannya lebih dari kandungan buah pada umumnya," terang Dr Syamsul melalui keterangan tertulisanya, Rabu (31/10/2012).

Dari penelitian juga diketahui ternyata di dalam kulit kayu mahoni terdapat berbagai senyawa bioaktif yang memiliki fungsi sebagai antidiabetes dan antikolesterol. Kulit kayu mahoni kemudian diekstraksi dengan menggunakan berbagai pelarut yakni methanol, acetone, dan air panas.

Berdasarkan pengujian dengan hewan mencit, disimpulkan ekstrasi kulit kayu mahoni dengan air panas paling potensial untuk dikembangkan sebagai obat herbal penurun kadar gula darah dan kolesterol. Sebab ekstrak kulit mahoni terbukti 50 persen dapat menghambat radikal bebas.

"Kulit mahoni juga efektif menurunkan kadar diabetes. Hal ini diketahui setelah melakukan uji antara serbuk kulit mahoni dengan obat diabetes komersial, hasilnya perbedaan penurunan kadar gulanya tidak terpaut jauh. Dengan menggunakan kulit mahoni kadar gula berhasil turun hingga 45 persen sedangkan dengan obat komersial sekitar 48 persen," tutur Dr Syamsul.

Dari pengujian diketahui pula kulit mahoni mampu menjadi penghambat peningkatan kolesterol. Dr Syamsul melakukan penelitian dengan melibatkan mencit. Sejumlah mencit diberinya dosis serbuk kulit mahoni yang dianggap terkecil yang umum digunakan manusia. Serbuk itu diberikan bersamaan dengan pakan yang mengandung kolesterol selama beberapa pekan kepada mencit. Apa yang terjadi? Ternyata tidak terjadi peningkatan terhadap kolesterol mencit.

Penelitian juga dimaksudkan untuk memanfaatkan limbah kulit kayu mahoni. Sebab berdasar data potensi kayu pertukangan dari hutan rakyat di 5 kabupaten di Jawa yakni Sukabumi, Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka, dan Kuningan, produksi kayu mahoni pada tahun 2003 mencapai 50.822,07 meter kubik. Jika diperkirakan 10 persen dari jumah tersebut berupa kulit, maka volume kulit kayu mahoni sebagai limbah berjumlah sekitar 5.000 meter.

"Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi pemanfaatan limbah kulit kayu mahoni serta khasiat ekstrak kulit kayu mahoni sebagai obat herbal alternatif dalam mencegah diabetes dan kolesterol," tutur Dr Syamsul.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...