Monday, 24 September 2012

Inilah cara menghitung tarif listrik di rumahmu


Bingung menghitung dan mengkalkulasi biaya listrik yang harus kamu keluarkan saat punya banyak peralatan? atau baru beli kulkas 4 pintu 3 jendela yang punya 1000 watt dan ingin tahu berapa tarif yang harus dibayar nanti bulan depan di loket PLN? atau sekedar iseng, sebenarnya berapa tarif listrik dari lampu belajarmu yang setia menemanimu di meja belajar? mari kita hitung bareng bareng :

saat kamu belu lampu, peralatan listrik ataupun peralatan elektronik lainnnya, pastilah tercantum daya yang dibutuhkan, seperti sebuah setrika listrik yang biasanya tercantum memiliki daya/ butuh 300 watt.
nah, contoh setrika ini akan kita gunakan sebagai sample :

taruhlah setrika kita 300 watt, kemudiaan mbak pembantuu rumah tangga kita menggunakannya selama 2 jam per hari, maka kta bisa menghitung berapa biaya yang dikeluarkan untuk membayar acara setrika-menyetrika itu.

--------------------------------------------------------
tarif listrik dihitng per Kilo Watt Jam, dan biasa disingkat KWH ( Kilo Watt Hour), artinya tarif dihitung per 1000 watt dengan pemakaian selama satu jam. Saat ini ( september 2012) tarif dasar listrik sekitar 750 rupiah per KWH, maka :
 setrika = 300 Watt
            = 300 / 1000
            = 0.3 KiloWatt
biaya pemakaian = 0.3 x 2 jam x 750
                          = 450 rupiah per hari ( bila dimisalkan/asumsi bahwa setrika digunakan teratur selama 2 jam per hari)

mudah bukan? Ayo hitung kebutuhan listrik di rumahmu!




*cara penghitungan ini belum menyertakan koefisien cos phi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...